Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Cilengkrang, Bandung

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Cilengkrang, Bandung



Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Cilengkrang, Bandung - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah anda semua pernah tahu ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Indonesia yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Cilengkrang, Bandung


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di halaman Cara Meracik Kopi Kapal Api Yg Enak – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Cilengkrang, Bandung, moga-moga berpengaruh.

0 comments