Jenis Biji Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi di Huta Bargot, Mandailing Natal

Jenis Biji Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi di Huta Bargot, Mandailing Natal



Jenis Biji Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi di Huta Bargot, Mandailing Natal - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi di Huta Bargot, Mandailing Natal


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun kekhasan setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pun sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di halaman Jenis Biji Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi di Huta Bargot, Mandailing Natal, moga-moga bermanfaat.

0 comments