Macam Rasa Kopi Gayo – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gumay Ulu, Lahat

Macam Rasa Kopi Gayo – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gumay Ulu, Lahat


Macam Rasa Kopi Gayo – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gumay Ulu, Lahat - Meski kian banyak penikmat kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah anda semua sudah mengerti ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Rasa Kopi Gayo – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gumay Ulu, Lahat


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di website Macam Rasa Kopi Gayo – Jual Mesin Pembuat Kopi di Gumay Ulu, Lahat, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments