Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Silima Pungga-Pungga, Dairi

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Silima Pungga-Pungga, Dairi



Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Silima Pungga-Pungga, Dairi - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran nilainya pula lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Silima Pungga-Pungga, Dairi


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam halaman Jenis Biji Kopi Arabika – Toko Pembuat Kopi di Silima Pungga-Pungga, Dairi, moga-moga bermakna.

0 comments