Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Cabangbungin, Bekasi

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Cabangbungin, Bekasi



Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Cabangbungin, Bekasi - Biar makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari varietasnya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Cabangbungin, Bekasi


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi tulisan di halaman Jenis Kopi Robusta Spesial – Toko Online Coffee Maker Di Cabangbungin, Bekasi, mudah-mudahan berguna.

0 comments