Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Lakarsantri, Surabaya

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Lakarsantri, Surabaya



Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Lakarsantri, Surabaya - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Lakarsantri, Surabaya


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, namun sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca informasi dalam web Jenis Kopi Robusta Di Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Lakarsantri, Surabaya, mudah-mudahan bermakna.

0 comments