Jenis Kopi Robusta Spesial – Penjual Mesin Coffee Maker Di Grobogan, Grobogan

Jenis Kopi Robusta Spesial – Penjual Mesin Coffee Maker Di Grobogan, Grobogan



Jenis Kopi Robusta Spesial – Penjual Mesin Coffee Maker Di Grobogan, Grobogan - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Spesial – Penjual Mesin Coffee Maker Di Grobogan, Grobogan


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi kini di beragam bagian dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi artikel di blog Jenis Kopi Robusta Spesial – Penjual Mesin Coffee Maker Di Grobogan, Grobogan, moga-moga ada gunanya.

0 comments