Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lombok Tengah

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lombok Tengah


Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lombok Tengah - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tetapi gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lombok Tengah


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca tulisan dalam halaman Jenis Kopi Robusta Unggul – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lombok Tengah, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments