Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Pantai Lunci, Sukamara

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Pantai Lunci, Sukamara


Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Pantai Lunci, Sukamara - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja umpamanya, menyandang aroma dan flavour yang berbeda.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kalian semua sudah mengerti keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Pantai Lunci, Sukamara


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai belahan dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah membaca artikel dalam website Jenis Kopi Yang Baik Untuk Diet – Toko Pembuat Kopi di Pantai Lunci, Sukamara, semoga ada gunanya.

0 comments