Macam Kopi Gayo – Toko Online Mesin Coffee Maker di Poncol, Magetan

Macam Kopi Gayo – Toko Online Mesin Coffee Maker di Poncol, Magetan


Macam Kopi Gayo – Toko Online Mesin Coffee Maker di Poncol, Magetan - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua sudah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Macam Kopi Gayo – Toko Online Mesin Coffee Maker di Poncol, Magetan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pula beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi informasi di website Macam Kopi Gayo – Toko Online Mesin Coffee Maker di Poncol, Magetan, semoga ada manfaatnya.

0 comments