Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tigaraksa, Tangerang

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tigaraksa, Tangerang


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tigaraksa, Tangerang - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah tahu karakter dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tigaraksa, Tangerang


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan di website Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Kios Mesin Pembuat Kopi di Tigaraksa, Tangerang, mudah-mudahan berguna.

0 comments