Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Toko Online Pembuat Kopi Di Masohi

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Toko Online Pembuat Kopi Di Masohi



Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Toko Online Pembuat Kopi Di Masohi - Kendati makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari jenisnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah mengerti ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Toko Online Pembuat Kopi Di Masohi


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun kekhasan setidaknya gamblang yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi informasi dalam web Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Toko Online Pembuat Kopi Di Masohi, semoga ada manfaatnya.

0 comments