Macam Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Margo Tabir, Merangin

Macam Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Margo Tabir, Merangin



Macam Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Margo Tabir, Merangin - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Margo Tabir, Merangin


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan setidaknya mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca artikel di halaman Macam Kopi Di Starbucks – Toko Mesin Coffee Maker di Margo Tabir, Merangin, moga-moga ada gunanya.

0 comments