Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Prigen, Pasuruan

Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Prigen, Pasuruan


Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Prigen, Pasuruan - Walaupun kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah paham karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Prigen, Pasuruan


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi dalam web Meracik Kopi Hitam – Penjual Mesin Coffee Maker di Prigen, Pasuruan, semoga ada manfaatnya.

0 comments