Macam Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Barito Selatan

Macam Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Barito Selatan



Macam Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Barito Selatan - Meski kian ramai pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Barito Selatan


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yakni taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah dalam blog Macam Kopi Robusta – Kios Mesin Pembuat Kopi di Barito Selatan, moga-moga bermanfaat.

0 comments