Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis



Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, dari tipenya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lahan kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling gamblang ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi informasi dalam blog Jenis Kopi Yang Digunakan Kapal Api – Kios Pembuat Kopi di Cimaragas, Ciamis, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments