Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Medan Area, Medan

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Medan Area, Medan



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Medan Area, Medan - Kendati makin berlimpah penikmat kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah paham karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Medan Area, Medan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam website Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Medan Area, Medan, moga-moga bermakna.

0 comments