Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Padang Ratu, Lampung Tengah

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Padang Ratu, Lampung Tengah


Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Padang Ratu, Lampung Tengah - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski berjenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Namun, apakah kamu semua telah tahu karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Padang Ratu, Lampung Tengah


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan tahan penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel dalam halaman Manfaat Kopi Robusta Bagi Kesehatan – Penjual Coffee Maker Di Padang Ratu, Lampung Tengah, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments