Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pundong, Bantul

Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pundong, Bantul



Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pundong, Bantul - Meski kian ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pundong, Bantul


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi tulisan dalam blog Manfaat Kopi Robusta Untuk Kulit – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Pundong, Bantul, semoga berguna.

0 comments