Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bansari, Temanggung

Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bansari, Temanggung


Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bansari, Temanggung - Meski semakin ramai penikmat kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, biar pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua telah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bansari, Temanggung


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi tulisan dalam halaman Membuat Kopi Ala Cafe – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Bansari, Temanggung, mudah-mudahan berguna.

0 comments