Membuat Kopi Kapal Api – Toko Coffee Maker di Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah

Membuat Kopi Kapal Api – Toko Coffee Maker di Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah


Membuat Kopi Kapal Api – Toko Coffee Maker di Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran mutunya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul ialah kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Kapal Api – Toko Coffee Maker di Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling menonjol yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini antara lain Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi tulisan di website Membuat Kopi Kapal Api – Toko Coffee Maker di Bumi Ratu Nuban, Lampung Tengah, moga-moga berguna.

0 comments