Membuat Kopi Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Dente Teladas, Tulang Bawang

Membuat Kopi Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Dente Teladas, Tulang Bawang


Membuat Kopi Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Dente Teladas, Tulang Bawang - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, daerah perkebunannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Dente Teladas, Tulang Bawang


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di website Membuat Kopi Enak – Penjual Mesin Coffee Maker di Dente Teladas, Tulang Bawang, moga-moga bermakna.

0 comments