Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Pembuat Kopi Di Nglipar, Gunung Kidul

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Pembuat Kopi Di Nglipar, Gunung Kidul


Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Pembuat Kopi Di Nglipar, Gunung Kidul - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali beraneka macam jenis kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, lokasi penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Pembuat Kopi Di Nglipar, Gunung Kidul


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di beragam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di blog Jenis Kopi Robusta Terbaik – Kios Pembuat Kopi Di Nglipar, Gunung Kidul, moga-moga berguna.

0 comments