Membuat Kopi Susu Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Cikakak, Sukabumi

Membuat Kopi Susu Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Cikakak, Sukabumi



Membuat Kopi Susu Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Cikakak, Sukabumi - Kendati kian ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Cikakak, Sukabumi


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit adalah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan dalam web Membuat Kopi Susu Kental – Kios Mesin Pembuat Kopi di Cikakak, Sukabumi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments