Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tenggara

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tenggara



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tenggara - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berlainan.

Biji kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tenggara


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan penyakit & hama.

Adapun keistimewaan paling jelas adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi informasi di halaman Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Aceh Tenggara, semoga bermakna.

0 comments