Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Mayong, Jepara

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Mayong, Jepara


Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Mayong, Jepara - Walaupun makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Mayong, Jepara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di berbagai belahan dunia, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yaitu taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kedai kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi di halaman Meracik Kopi Hitam – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Mayong, Jepara, semoga bermanfaat.

0 comments