Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara



Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara - Meski makin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, meski berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua pernah mengetahui keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit namun menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di berbagai belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi artikel di blog Takaran Membuat Kopi Yang Enak – Toko Mesin Coffee Maker Di Tabang, Kutai Kartanegara, semoga berguna.

0 comments