Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker Di Karangkobar, Banjarnegara

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker Di Karangkobar, Banjarnegara



Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker Di Karangkobar, Banjarnegara - Walaupun makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker Di Karangkobar, Banjarnegara


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi saat ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam blog Cara Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Toko Mesin Coffee Maker Di Karangkobar, Banjarnegara, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments