Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciambar, Sukabumi

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciambar, Sukabumi



Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciambar, Sukabumi - Kendati makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, area peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah tahu karakter dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciambar, Sukabumi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi risalah di blog Khasiat Kopi Hitam – Toko Online Mesin Pembuat Kopi Di Ciambar, Sukabumi, semoga ada gunanya.

0 comments