Jenis Klon Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Bergas, Semarang

Jenis Klon Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Bergas, Semarang



Jenis Klon Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Bergas, Semarang - Meski makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua telah tahu ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Bergas, Semarang


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi tulisan di blog Jenis Klon Kopi Robusta – Penjual Mesin Pembuat Kopi di Bergas, Semarang, semoga ada manfaatnya.

0 comments