Jenis Kopi Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pudak, Ponorogo

Jenis Kopi Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pudak, Ponorogo



Jenis Kopi Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pudak, Ponorogo - Meski makin ramai penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua pernah tahu keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pudak, Ponorogo


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat dan kebal hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya jelas yaitu taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia ialah Lampung, pula beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca risalah dalam website Jenis Kopi Bali – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Pudak, Ponorogo, moga-moga bermakna.

0 comments