Macam Jenis Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Adipala, Cilacap

Macam Jenis Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Adipala, Cilacap


Macam Jenis Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Adipala, Cilacap - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan penuh perihal, mulai tipenya, daerah ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Jenis Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Adipala, Cilacap


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling gamblang ialah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam blog Macam Jenis Kopi Indonesia – Penjual Mesin Coffee Maker di Adipala, Cilacap, semoga ada manfaatnya.

0 comments