Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Muara Lakitan, Musi Rawas

Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Muara Lakitan, Musi Rawas



Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Muara Lakitan, Musi Rawas - Biar makin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, namun tak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Muara Lakitan, Musi Rawas


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di bermacam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang khas, berlainan di tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam variasi kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi artikel dalam web Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Pembuat Kopi Di Muara Lakitan, Musi Rawas, semoga ada manfaatnya.

0 comments