Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Pembuat Kopi di Kendari

Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Pembuat Kopi di Kendari



Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Pembuat Kopi di Kendari - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua sudah tahu kekhasan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Pembuat Kopi di Kendari


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di bermacam bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi risalah dalam blog Kebaikan Kopi Pahit – Online Shop Pembuat Kopi di Kendari, semoga berguna.

0 comments