Membuat Kopi Susu Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pacet, Mojokerto

Membuat Kopi Susu Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pacet, Mojokerto


Membuat Kopi Susu Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pacet, Mojokerto - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tetapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Karena itu, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah anda semua telah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pacet, Mojokerto


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling jelas yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam website Membuat Kopi Susu Enak – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Pacet, Mojokerto, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments