Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Permata, Bener Meriah

Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Permata, Bener Meriah



Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Permata, Bener Meriah - Biar semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tapi, apakah kalian semua sudah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Permata, Bener Meriah


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan kebal hama.

Adapun ciri khas paling jelas yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan beraneka veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi tulisan dalam web Khasiat Kopi Hitam – Toko Mesin Pembuat Kopi di Permata, Bener Meriah, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments