Langkah Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker di Sewon, Bantul

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker di Sewon, Bantul



Langkah Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker di Sewon, Bantul - Biar semakin ramai pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, namun gak sedikit juga yang nyatanya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, mulai jenisnya, tempat peraniannya, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun berjenis sama, cita rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini serta dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di kebun kopi juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki aroma yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Langkah Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker di Sewon, Bantul


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun ciri khas setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam blog Langkah Membuat Kopi Tubruk – Kios Coffee Maker di Sewon, Bantul, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments