Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Tebat Karai, Kepahiang

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Tebat Karai, Kepahiang


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Tebat Karai, Kepahiang - Biar semakin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dimulai dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah mengetahui karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki struktur butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Tebat Karai, Kepahiang


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di website Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Online Coffee Maker di Tebat Karai, Kepahiang, semoga ada manfaatnya.

0 comments