Resep Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muara Jawa, Kutai Kartanegara

Resep Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muara Jawa, Kutai Kartanegara



Resep Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muara Jawa, Kutai Kartanegara - Biar kian banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja contohnya, menyandang aroma serta flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit tapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pun lebih mahal ketimbang tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Resep Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muara Jawa, Kutai Kartanegara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara yaitu peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel di web Resep Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Muara Jawa, Kutai Kartanegara, moga-moga bermanfaat.

0 comments