Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Tarumajaya, Bekasi

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Tarumajaya, Bekasi



Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Tarumajaya, Bekasi - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah tahu keunikan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai wujud biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Tarumajaya, Bekasi


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun sekarang di berbagai bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, hal ini lantaran ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah memahami serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di blog Khasiat Kopi Pracampuran Kopi Jantan – Onlineshop Pembuat Kopi di Tarumajaya, Bekasi, semoga ada gunanya.

0 comments