Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bunguran Timur, Natuna

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bunguran Timur, Natuna



Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bunguran Timur, Natuna - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, akan tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tetapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bunguran Timur, Natuna


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah menyambangi informasi dalam halaman Khasiat Minum Kopi Pahit Tanpa Gula – Kios Mesin Pembuat Kopi di Bunguran Timur, Natuna, moga-moga bermakna.

0 comments