Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Penjual Mesin Coffee Maker di Lembah Masurai, Merangin

Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Penjual Mesin Coffee Maker di Lembah Masurai, Merangin


Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Penjual Mesin Coffee Maker di Lembah Masurai, Merangin - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dengan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berbeda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya pun lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Penjual Mesin Coffee Maker di Lembah Masurai, Merangin


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan tahan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling menonjol adalah taraf kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, juga sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di web Manfaat Kopi Hitam Untuk Wanita – Penjual Mesin Coffee Maker di Lembah Masurai, Merangin, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments