Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Kios Pembuat Kopi Di Kelapa, Bangka Barat

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Kios Pembuat Kopi Di Kelapa, Bangka Barat


Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Kios Pembuat Kopi Di Kelapa, Bangka Barat - Kendati semakin ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua pernah tahu ke-khas-an dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki wujud biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tetapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Tanah Air yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Kios Pembuat Kopi Di Kelapa, Bangka Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai belahan bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak kafe yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah mengunjungi risalah di website Manfaat Kopi Hijau Nescafe – Kios Pembuat Kopi Di Kelapa, Bangka Barat, semoga ada manfaatnya.

0 comments