Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Labuan Amas Utara, Hulu Sungai Tengah

Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Labuan Amas Utara, Hulu Sungai Tengah


Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Labuan Amas Utara, Hulu Sungai Tengah - Meski semakin banyak penikmat kopi yang menandai beragam jenis kopi, namun tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah paham kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul adalah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Labuan Amas Utara, Hulu Sungai Tengah


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan paling gamblang ialah taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, namun susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi dalam halaman Cara Meracik Kopi Aceh – Penjual Mesin Pembuat Kopi Di Labuan Amas Utara, Hulu Sungai Tengah, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments