Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Wonopringgo, Pekalongan

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Wonopringgo, Pekalongan



Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Wonopringgo, Pekalongan - Walaupun semakin ramai penikmat kopi yang mengenali berbagai jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tidak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena sebab itu, kendati dengan jenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja umpamanya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai rupa biji yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit namun mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Wonopringgo, Pekalongan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi tulisan di halaman Macam Macam Jenis Kopi Starbucks – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Wonopringgo, Pekalongan, moga-moga bermanfaat.

0 comments