Cara Meracik Kopi Ala Barista – Online Shop Mesin Coffee Maker Di IV Koto, Agam

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Online Shop Mesin Coffee Maker Di IV Koto, Agam


Cara Meracik Kopi Ala Barista – Online Shop Mesin Coffee Maker Di IV Koto, Agam - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai bermacam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, kata beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dari tipenya, kawasan ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah anda semua pernah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia yakni Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Barista – Online Shop Mesin Coffee Maker Di IV Koto, Agam


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berbeda di tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus paling mencolok adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, maka bisa lekas panen" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Tanah Air yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan bermacam veretas kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi risalah di halaman Cara Meracik Kopi Ala Barista – Online Shop Mesin Coffee Maker Di IV Koto, Agam, mudah-mudahan bermakna.

0 comments