Cara Meracik Kopi Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Laren, Lamongan

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Laren, Lamongan



Cara Meracik Kopi Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Laren, Lamongan - Walaupun makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang begitu beda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran nilainya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Laren, Lamongan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di bermacam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga resistan hama.

Adapun ciri khusus paling gamblang adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, maka dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini adalah Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam blog Cara Meracik Kopi Yang Enak – Penjual Pembuat Kopi di Laren, Lamongan, mudah-mudahan berguna.

0 comments