Jenis Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Karanglewas, Banyumas

Jenis Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Karanglewas, Banyumas


Jenis Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Karanglewas, Banyumas - Kendati kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, namun lebih rumit serta kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel misalnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah anda semua sudah mengetahui keunikan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit namun menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang masa ini banyak muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Karanglewas, Banyumas


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan tahan penyakit dan hama.

Adapun kekhasan paling mencolok yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, namun susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah mengenal dan merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi dalam halaman Jenis Kopi Arabika – Toko Online Coffee Maker di Karanglewas, Banyumas, moga-moga ada gunanya.

0 comments