Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Wih Pesam, Bener Meriah

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Wih Pesam, Bener Meriah



Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Wih Pesam, Bener Meriah - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui kekhasan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki struktur biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Wih Pesam, Bener Meriah


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, namun sekarang di bermacam bagian dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling menonjol yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca risalah dalam website Jenis Kopi Terbaik Di Indonesia – Kios Pembuat Kopi Di Wih Pesam, Bener Meriah, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments