Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Coffee Maker di Patrang, Jember

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Coffee Maker di Patrang, Jember



Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Coffee Maker di Patrang, Jember - Meski makin banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, tempat penanamannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Namun, apakah kalian semua sudah mengetahui kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang tatanan biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Coffee Maker di Patrang, Jember


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun saat ini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok ialah taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah dalam web Khasiat Kopi Hijau Malaysia – Onlineshop Coffee Maker di Patrang, Jember, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments